Aleix Espargaro

Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP

Pemenang Grand Prix MotoGP tiga kali Aleix Espargaro telah mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir musim ini, mengakhiri karir cemerlang yang telah berlangsung selama dua dekade. Pembalap asal Spanyol itu membuat pengumuman tersebut menjelang balapan kandangnya, Grand Prix Catalan di Barcelona, di mana ia meraih kemenangan yang mengesankan tahun lalu.

“Saya dengan senang hati mengumumkan pengunduran diri saya sebagai pembalap penuh waktu,” kata Espargaro.

“20 tahun yang luar biasa di paddock ini dan saya sangat senang dan bangga dengan apa yang telah kami capai bersama Aprilia.”

Espargaro merefleksikan karirnya, mengakui bahwa meski pemain lain mungkin meraih lebih banyak kemenangan, dia memberikan segalanya yang dia miliki. ““Ada banyak sekali pembalap di dunia – di dunia saat ini – yang memenangkan lebih banyak kemenangan daripada saya, namun saya memberikan semua yang saya miliki. Saya bekerja sangat, sangat, sangat keras,” katanya.

Baca juga:

Gol Demi Gol: Hojlund Menjadi Bintang Baru Manchester United
Joan Mir dan Harapan Baru Honda di MotoGP
Miguel Oliveira dan Tantangan Aerodinamis di Barcelona
VR46 Bersiap untuk Barcelona dan Mugello: Harapan Baru Setelah Le Mans

Espargaro memulai debutnya di MotoGP pada tahun 2009 sebagai pembalap pengganti Pramac Ducati di GP Indianapolis. Setelah kembali ke Moto2, ia kembali ke MotoGP pada tahun 2012 bersama Aspar.

Karirnya mengalami perubahan signifikan pada tahun 2017 ketika ia bergabung dengan Aprilia, di mana ia membuat sejarah dengan mengamankan podium pertama tim dengan finis ketiga di Silverstone pada tahun 2021, diikuti dengan kemenangan pertama Aprilia di Argentina pada musim berikutnya.

Espargaro hampir memperebutkan gelar pada tahun 2022 dan, meskipun musim lalu kurang kompetitif, ia berhasil mengamankan dua kemenangan Grand Prix.

Saat ini, Espargaro duduk di urutan ketujuh klasemen keseluruhan dengan 76 poin usai balapan di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *