Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023. (Foto: twitter.com/CAF_Online)

Piala Afrika: Tuan Rumah Pantai Gading Raih Gelar Juara Usai Menang 2-1 Lawan Nigeria

Tim nasional Pantai Gading berhasil menjadi juara Piala Afrika 2023 di tanah sendiri usai mengalahkan Nigeria dengan skor 2-1 pada Senin (12/2) dini hari WIB.

Sebastian Haller menjadi pahlawan tuan rumah dengan gol kemenangannya pada menit ke-81, setelah lebih dulu tertinggal pada babak pertama.

Tuan rumah ditimpa banyak gonjang-ganjing sepanjang turnamen. Meski menang 2-0 atas Guinea-Bissau di partai pertama, Pantai Gading kalah 0-1 dari Nigeria pada partai kedua.

Babak grup ditutup dengan kekalahan telak 0-4 Guinea Khatulistiwa, yang berujung dengan pemecatan sang pelatih Jean-Louis Gasset. Untung Pantai Gading masih bisa lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Asisten pelatih Emerse Fae memimpin skuad Pantai Gading pada babak gugur, ketika melewati Senegal lewat babak adu penalti pada babak 16 besar.

Setelah itu Pantai Gading berhasil menang atas Mali lewat babak pertambahan waktu, sebelum menang tipis 1-0 atas Kongo.

Nigeria yang menjadi unggulan pada turnamen ini juga tampil tidak meyakinkan pada babak grup. Setelah ditahan imbang 1-1 oleh Guinea Khatulistiwa, tim asuhan Jose Peseiro ini hanya menang tipis 1-0 atas Pantai Gading dan Guinea-Bissau.

Pada fase gugur, Nigeria lolos dari babak 16 besar usai menang 2-0 atas Kamerun. Setelah itu, Nigeria lolos ke final usai menang 1-0 atas Angola dan menang lewat adu penalti melawan Afrika Selatan.

Baca juga: Jesse Lingard Resmi Gabung Klub Korsel FC Seoul

Bermain di Alassane Ouattara Stadium, Abidjan, tuan rumah tampil gemilang dengan beberapa peluang. Namun upaya dari Max Gradel dan Simon Adingra masih belum berbuah gol.

Kendati demikian, Nigeria yang berhasil membuka skor tujuh menit sebelum waktu normal babak pertama berakhir via sundulan sang kapten William Troost-Ekong.

Tuan rumah lalu merespons dengan positif pada babak kedua dengan peluang dari Gradel yang dihalau oleh bek Nigeria Calvin Bassey.

Pada menit ke-62, Pantai Gading bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah umpan Adingra disambut oleh Franck Kessie .

Adingra kembali berperan dalam kemenangan tuan rumah dengan umpan silangnya yang berhasil disambar dengan tendangan voli oleh Haller, untuk memberikan Pantai Gading gelar ketiganya pada Piala Afrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *