GP Jepang. (Foto: twitter.com/F1)

Formula 1 Perpanjang Kontrak GP Jepang Hingga 2029

Formula 1 telah resmi memperpanjang kontrak untuk menggelar GP Jepang di sirkuit legendaris Suzuka hingga 2029 mendatang, seperti yang diumumkan pada Jumat (2/2).

Kontrak baru ini tentu menjadi kabar gembira bagi fans dan pembalap karena sirkuit Suzuka merupakan salah satu sirkuit paling favorit.

Suzuka juga menjadi salah satu sirkuit legendaris lainnya yang terancam tidak akan lagi menggelar balapan jet darat ini seperti Hockenheimring, Sepang, Istanbul Park, dan yang lainnya.

Sebelum penandatanganan kontrak ini, Suzuka hanya akan menggelar balapan F1 hingga musim ini.

Selain Suzuka, Silverstone menjadi sirkuit legendaris lainnya yang masih belum memperpanjang kontraknya yang akan berakhir pada musim ini.

Baca juga: Walid Regragui Bertanggung Jawab Usai Maroko Tersingkir di Piala Afrika

Suzuka menjadi saksi atas duel-duel anyar antar pembalap-pembalap legendaris F1 seperti Ayrton Senna dan Alain Prost.

Insiden kontroversial terjadi pada tahun 1989 yang dimenangkan oleh Prost, dan musim 1990 dan 1991 yang jatuh ke tangan Senna.

“Suzuka adalah sirkuit spesial dan bagian dari struktur olahraga, jadi saya senang F1 akan terus balapan di sana hingga setidaknya tahun 2029,” kata Stefano Domenicali, Presiden & CEO F1.

“Saat kami bersiap untuk kembali ke Jepang lebih awal dari biasanya pada musim ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada promotor dan tim di Honda MobilityLand yang mendukung upaya kami menuju rasionalisasi kalender yang lebih besar guna menjadikan olahraga ini lebih berkelanjutan.”

“Penggemar kami di Jepang menyambut Formula 1 dengan semangat yang unik dan kami berharap dapat bekerja sama dengan promotor untuk memberikan pengalaman yang layak mereka dapatkan kepada para penggemar di tahun-tahun mendatang.”

Tidak seperti musim-musim sebelumnya di mana GP Jepang digelar pada paruh akhir musim, pada musim 2024 ini GP Jepang akan digelar pada April mendatang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *