Everton Menang Banding Soal Kartu Merah Dominic Calvert-Lewin

Everton telah berhasil memenangkan banding atas kartu merah yang diterima Dominic Calvert-Lewin. Artinya ia akan bisa bermain saat the Toffees menghadapi Aston Villa pada partai Premier League pada Minggu (14/1) mendatang.

Insiden kartu merah tersebut terjadi saat Everton ditahan imbang 0-0 di kandang Crystal Palace pada 5 Januari lalu pada partai FA Cup.

Penyerang Inggris berusia 26 tahun tersebut diusir oleh wasit setelah berduel memperebutkan bola dan melakukan kontak minimal dengan Nathaniel Clyne.

Baca juga: Lini Depan Mandul, Mikel Arteta Akui Timnya Kena Mental

Wasit Chris Kavanagh awalnya tidak memberikan hukuman kepada Calvert-Lewin. Namun VAR mengintervensi, dengan Michael Salisbury yang meminta Kavanagh untuk melihat tayangan ulang insiden tersebut. Kavanagh pun akhirnya memberikan kartu merah langsung.

Pelatih Everton Sean Dyche pun mengakui mulai kehilangan kesabaran karena masalah konsistensi VAR.

Jika hukuman kartu merah ini bertahan, Calvert-Lewin harus menjalani hukuman larangan bermain dalam tiga laga yang membuatnya absen pada laga kontra Villa, partai ulangan FA Cup, serta melawan Fulham.

Setelah Everton melayangkan banding, Football Association (FA) mengumumkan pada Selasa (9/1) soal pencabutan kartu merah tersebut.

“Dominic Calvert-Lewin akan tersedia untuk tiga pertandingan Everton berikutnya menyusul klaim hukuman yang salah,” tulis FA.

“Striker tersebut dikeluarkan dari lapangan karena pelanggaran serius dalam pertandingan Emirates FA Cup melawan Crystal Palace pada Kamis, 4 Januari 2024.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *