Brasil Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2027

Brasil telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita 2027 pada Kongres FIFA yang digelar pada Jumat (17/5). 

Brasil berhasil mengalahkan calon tuan rumah lainnya, Belgia, Belanda, dan Jerman (Belgium-Netherlands-Germany atau BNG) yang menjadi tuan rumah bersama. Peresmian ini juga menjadikan Brasil sebagai negara Amerika Selatan pertama yang akan menggelar turnamen tersebut.

Sebanyak 119 suara yang memberikan dukungannya untuk Brasil, sementara gabungan negara Eropa tersebut mendapatkan 78 suara pada Kongres FIFA yang digelar di Bangkok, Thailand.

“Kami tahu kami akan merayakan kemenangan bagi sepak bola wanita Amerika Selatan dan wanita,” kata presiden Konfederasi Sepak Bola Brasil, Ednaldo Rodrigues.

“Anda bisa yakin, tanpa kesombongan, kami akan mewujudkan Piala Dunia terbaik untuk wanita.”

Baca juga:

Marquez: ‘Untuk Raih Gelar, Saya Harus Sejajar dengan Martin dan Pecco’
Fabio Quartararo: ‘Saya Merasa Bersaing di GP Prancis’
Olivier Giroud Akan Hengkang dari AC Milan
Ancelotti: ‘Arda Güler Layak Mendapatkan Kesempatan Bermain’

Brasil unggul dalam penilaian teknis FIFAA dengan nilai 4,0, unggul tipis dari 3,7 yang diterima oleh BNG.

BNG menjanjikan Piala Dunia Wanita dengan pendapatan komersial tertinggi dalam sejarah sepak bola wanita. Namun Brasil memiliki nilai lebih tinggi dari segi  stadion, akomodasi, zona penggemar, dan transportasi.

“Selamat kepada Brasil,” kata presiden FIFA Gianni Infantino

“Kami akan menyelenggarakan Piala Dunia terbaik di Brasil. Terima kasih banyak juga kepada tawaran BNG yang sangat fantastis.”

Amerika Serikat dan Meksiko juga sebelumnya mengajukan diri sebagai tuan rumah. Namun mereka mengundurkan diri untuk fokus pada turnamen edisi 2031, begitu juga dengan Afrika Selatan, yang membuat BNG dan Brasil menjadi calon tersisa untuk menjadi tuan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *