Piala Afrika: Ghana Tersingkir, Mesir Lolos ke Fase Gugur

Tim nasional Ghana gagal lolos ke fase gugur Piala Afrika 2023 usai ditahan imbang Mozambik 2-2 pada Selasa (23/1) dini hari WIB.

Skuad asuhan Chris Hughton tersebut berhasil unggul dua gol lebih lewat brace dari Andre Ayew.

Bintang Crystal Palace tersebut berhasil membuka skor lewat titik putih pada 15 menit pertama. Ia kemudian menggandakan kedudukan pada menit ke-70 juga lewat titik putih.

Saat kemenangan sudah di depan mata dan tiket untuk lolos ke fase gugur nyaris digenggam, Geny Catamo memangkas jarak untuk Mozambik dari tendangan penalti.

Foto: Massimiliano Allegri Akui Juventus Jadi Pesaing Utama Gelar Juara Serie A Bersama Inter

Harapan Ghana untuk lolos kemudian pupus ketika Reinildo Mandava menyamakan skor menjadi 2-2 tiga menit kemudian.

Hasil ini tidak mengubah nasib Mozambik yang masih berada di dasar klasemen Grup B. Namun hasil ini cukup membuat Ghana, yang merupakan empat kali juara Piala Afrika, terlempar dari kompetisi ini.

Ghana juga gagal lolos sebagai salah satu dari empat pemegang peringkat terbaik karena hanya meraih dua poin di babak grup dan memiliki selisih gol minus satu.

Tanjung Verde dan Mesir berhasil meraih tiket ke babak selanjutnya usai kedua tim bermain imbang 2-2 pada laga terakhir.

Pada Grup A, tuan rumah Pantai Gading kalah telak 0-4 dari Guinea Khatulistiwa. Namun Pantai Gading masih berpeluang untuk lolos sebagai pemegang peringkat ketiga terbaik.

Guinea Khatulistiwa dipastikan lolos sebagai juara grup dan lolos ke babak selanjutnya ditemani oleh Nigeria, yang menang 1-0 atas Guinea-Bissau.

Standings provided by Sofascore

Standings provided by Sofascore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *