Pep Guardiola. (Foto: twitter.com/mancity)

Pep Guardiola Yakin Aston Villa Jadi Penantang Gelar Juara Premier League

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, yakin Aston Villa menjadi penantang gelar juara Premier League musim ini, setelah skuad besutan Unai Emery ini berhasil mengalahkan sang juara bertahan di Villa Park, Kamis (7/12) dini hari WIB.

Villa bermain gemilang saat berhasil menang 1-0 atas City lewat gol tunggal Leon Bailey pada menit ke-74, yang tembakannya terdefleksi dan menjebol ke gawang yang dijaga Ederson.

Meski hanya mampu mencetak satu gol, Villa tampil gemilang dengan memaksa City hanya bisa melepaskan dua tembakan, berbanding 22 tembakan yang dihadapi City.

Sejak dilatih Guardiola, City untuk pertama kalinya gagal memenangkan tendangan sudut, serta menghadapi tembakan terbanyak (22) dalam laga ini.

Baca juga: Guardiola Berkoar Manchester City Akan Kembali Juara di Premier League

Selain itu, Villa menjadi tim terbanyak (13) yang mampu memenangkan bola di sepertiga akhir lapangan City.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan ke-14 di kandang secara beruntun, yang menjadikan Villa berada di posisi tiga klasemen dengan 32 poin, unggul dua poin dari City.

Usai pertandingan, ketika ditanya apakah Villa bisa meraih gelar juara musim ini, Guardiola mengatakan, “Iya, tentu saja.”

“Dengan cara mereka bermain, ketika Anda berada di sana dan melihat fisik, tempo, kecepatan, bangku cadangan, organisasi dari Unai Emery, bola mati dan tekanan tinggi di blok medium, betapa luar biasa mereka mempertahankan empat bek, penjaga gawang. Tentu saja.”

Di sisi lain, Emery sendiri tidak setuju dengan Guardiola, pelatih yang untuk pertama kalinya berhasil dikalahkan dalam 14 kali percobaan.

“Kami bukan pesaing (gelar juara),” ujar Emery usai laga tersebut.

“Kami sekarang berada di pertandingan ke-15, kami akan memainkan pertandingan ke-16 melawan Arsenal.”

Baca juga: Pemain Tak Tergantikan dari Klub Premier League Musim Ini

“Kami senang berada di posisi ketiga. Untuk mempertahankannya akan sangat sulit. Sementara kami berada di sana, kami berusaha mempertahankannya.”

Soal alasan Villa bukan penantang gelar juara, Emery melanjutkan, “Ada tim lain yang menjadi pesaing di awal. Kami berada di pertandingan ke-15. Masih banyak pertandingan yang harus dimainkan.”

“Jika kami terus mengalami kemajuan sepanjang musim ini, memainkan pertandingan dan menang seperti yang kami lakukan, maka mungkin kami bisa menjadi pesaing. Kami memerlukan lebih banyak waktu. Kami bisa percaya, tapi kami bukanlah pesaing.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *