Lima Pesepak Bola yang Pernah Menderita Penyakit Jantung 

Dunia sepak bola baru saja kehilangan eks penyerang tim nasional Ghana, Raphael Dwamena, yang meninggal di usia 28 tahun saat bermain dalam pertandingan d Liga Albania, Sabtu (11/11) lalu.

Dwamena terlihat terkulai lemah pada babak pertama saat bermain untuk Egnatia melawan Partizani dan mendapatkan perawatan pertama, lalu dilarikan ke rumah sakit. Ia lalu dinyatakan meninggal saat di rumah sakit.

Penyerang yang bermain sembilan kali untuk timnas Ghana dan mencetak dua gol ini sebelumnya juga sudah memiliki masalah jantung. Ia juga pernah pingsan pada 2021 lalu di Austria.

Selain Dwamena, masalah jantung ini juga menimpa pesepak bola tenar lainnya saat bermain di panggung dunia. Berikut lima pemain yang pernah memiliki masalah jantung.

Marc-Vivien Foe

Pesepak bola asal Kamerun Marc-Vivien Foe meninggal pada 2003 lalu saat melawan Kolombia pada Piala Konfederasi 2003. Pada pertengahan babak kedua, Foe pingsan di tengah lapangan dan langsung mendapatkan perawatan.

Meski sudah mendapatkan perawatan medis, Foe yang saat itu berusia 28 tahun dinyatakan meninggal tak lama kemudian.

Antonio Puerta

Antonio Puerta meninggal pada Agustus 2007 lalu saat bermain untuk Sevilla melawan Getafe di usia 22 tahun karena henti jantung.

Pada menit ke-77, ia terjatuh di area kotak penalti dan dilarikan ke rumah sakit. Setelah tiga hari menjalani perawatan, ia dinyatakan meninggal pada 28 Agustus.

Baca  juga: Lima Hal Menarik yang Perlu Kamu Tahu Soal MacBook Pro M3 2023

Fabrice Muamba

Pemain lulusan akademi Arsenal dan pemain timnas junior Inggris, Fabrice Muamba mengalami masalah jantung pada Maret 2012 saat bermain untuk Bolton Wanderers melawan Tottenham Hotspur pada laga FA Cup. Usai insiden tersebut, ia terpaksa pensiun pada Agustus 2012.

 

Iker Casillas

Kiper legendaris Real Madrid dan tim nasional Spanyol, Iker Casillas mengalami masalah serupa saat sesi latihan bersama FC Porto Mei 2019. Ia lalu dilarikan ke rumah sakit dan pensiun pada Juni 2019.

Christian Eriksen

Insiden henti jantung yang menimpa Christian Eriksen menjadi sorotan karena terjadi di turnamen akbar Piala Eropa 2020 lalu. Saat bermain bersama tim nasional Denmark di laga pembuka, Eriksen terjatuh menjelang berakhirnya babak pertama dan langsung mendapatkan perawatan pertama.

Ia lalu memakai Implantable Cardioverter Defibrillator (ICD) dan telah melanjutkan kariernya bersama Brentford dan saat ini bermain untuk Manchester United.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *