Luis de la Fuente

Luis de la Fuente Ingin Spanyol Terus Main Cantik Lawan Prancis di Semifinal Piala Eropa

Pelatih tim nasional Spanyol Luis de la Fuente menyebut timnya akan terus memainkan sepak bola indah pada partai semifinal Piala Eropa 2024 melawan Prancis, Rabu (10/7) dini hari WIB. 

Spanyol bisa disebut sebagai tim terbaik pada Piala Eropa kali ini. La Roja menjadi satu-satunya tim yang meraih 100 persen kemenangan pada tiga laga di babak grup.

Mereka juga baru kebobolan pada babak 16 besar, itu pun dari gol bunuh diri saat melawan Georgia. Pada babak perempat final, mereka juga berhasil menyingkirkan tuan rumah Jerman dengan skor 2-1. 

Sepanjang turnamen, Spanyol menjadi tim dengan gol terbanyak (11), serta peluang (21) dan tembakan tepat sasaran terbanyak (7,2 per laga). Dari segi pertahanan, hanya Prancis yang kebobolan lebih sedikit dan clean sheet lebih banyak.

Di sisi lain, Prancis dihujani kritikan karena performa mengecewakan mereka. Meski mampu lolos ke semifinal, skuad asuhan Didier Deschamps tersebut gagal mencetak gol dari permainan terbuka. Tiga gol mereka berasal dari satu tendangan penalti Kylian Mbappe dan dua gol bunuh diri.

Pertemuan antara kedua tim tersebut menjadi panggung bagi Spanyol yang menampilkan permainan cantik dan menyerang. Sementara Prancis yang lebih mementingkan lini pertahanan.

Kendati demikian, De la Fuente tidak menyebut permainan Les Bleus membosankan. Namun mengakui Spanyol memiliki gaya permainan berbeda pada turnamen ini.

“Saat Anda menentukan rencana permainan Anda, tujuannya selalu membawa Anda lebih dekat ke kemenangan,” kata De la Fuente.

“Saya pikir gaya permainan kami adalah menawarkan pengalaman menyenangkan kepada para penggemar. Saya pikir kami adalah tim yang menyenangkan, tapi yang terpenting di sini adalah kemenangan, terlebih lagi di tahap akhir ini.”

“Kami harus bermain bagus tapi juga pragmatis, karena pada akhirnya Anda akan menilai saya berdasarkan hasilnya.”

De la Fuente juga kagum dengan Deschamps yang bersikukuh dengan permainan bertahan mereka.

“Saya bukan siapa-siapa yang menilai apakah permainan Prancis membosankan,” lanjutnya.

“Apa yang kami analisis adalah potensi setiap lawan, dan lawan Prancis luar biasa. Semua orang bersenang-senang dengan apa yang mereka inginkan, dan karena saya menyukai sepak bola, saya juga suka menonton Prancis.”

Pada laga tersebut, Spanyol tidak akan diperkuat tiga pemain kuncinya. Dani Carvajal dan Robin Le Normand akan absen karena hukuman kartu. Sementara Pedri sudah mengakhiri perjalanannya di Piala Eropa karena cedera.

Dengan pertandingan melawan Jerman yang berlangsung hingga babak pertambahan waktu, para pemain tidak memiliki waktu panjang untuk menjalani masa pemulihan.

“Kami pulih dengan baik mengingat perjalanan, stres, dan pertandingan. Ini hanya beberapa hari dan tidak banyak membantu dalam pemulihan. Mari kita lihat bagaimana keadaan kami besok,” jelas De la Fuente.

“Tapi begitulah adanya dan para pemain sudah terbiasa bekerja keras dan punya prosesnya sendiri, mereka akan siap.”

“Bagaimanapun, motivasi membuat Anda mengatasi kemunduran apa pun. Kami akan melihatnya selama pertandingan. Saya pikir kami siap memainkan pertandingan ini melawan lawan yang secara fisik sangat kuat.”

Mbappe merupakan satu-satunya pencetak gol Prancis di Piala Eropa. Gol tersebut datang dari titik putih pada laga babak grup melawan Polandia.

Performa pemain Real Madrid tersebut juga dikhawatirkan karena sebelumnya ia mengalami cedera patah hidung pada laga perdana melawan Austria. Setelah absen melawan Belanda, ia kembali merumput dengan memakai topeng pelindung.

Kendati demikian, De la Fuente mengakui pemain 25 tahun tersebut masih menjadi ancaman meskipun tidak bermain 100 persen.

“Pemain seperti itu tidak dapat diprediksi,” kata pelatih 63 tahun ini. “Mereka mungkin mengalami momen yang lebih buruk, tapi mereka tidak pernah hilang sepenuhnya.”

“50 persen dari Mbappe bisa menjadi 100 persen pemain lain. Dia adalah seorang mega bintang, begitu pula beberapa rekan setim Prancis lainnya.”

“Kami memiliki alat untuk mencoba menghentikannya. Saya percaya pada potensi kami dan saya memiliki keyakinan penuh pada kami.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *