Erik ten Hag

Manchester United Perpanjang Kontrak Erik ten Hag Hingga 2026

Manchester United telah resmi memperpanjang kontrak pelatihnya, Erik ten Hag, hingga Juni 2026 mendatang. Hal ini diumumkan Setan Merah pada Kamis (4/7) lalu.

Ten Hag sebelumnya sudah memiliki kontrak yang berlaku hingga 2025 mendatang. Namun klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut mengaktifkan opsi perpanjang untuk satu tahun.

Pelatih asal Belanda berusia 54 tahun tersebut dipertahankan sebagai pelatih United setelah penilaian dari petinggi klub pada akhir musim. 

Baca juga:

Awalnya terdapat laporan bahwa Ten Hag akan didepak oleh United usai berakhirnya musim 2023-24. Namun United memutuskan untuk memperpanjang masa tinggal Ten Hag di Manchester setelah kontrak sebelumnya yang akan berakhir pada akhir musim 2024-25 ini.

Ten Hag ditunjuk sebagai pelatih United pada 2022 lalu. Ia sebelumnya melatih Ajax, di mana ia meraih tiga gelar Eredivisie dan dua gelar KNVB Beker selama empat tahunnya bersama klub Belanda tersebut.

“Saya sangat senang telah mencapai kesepakatan dengan klub untuk terus bekerja sama. Melihat kembali dua tahun terakhir, kami dapat merefleksikan dengan bangga dua trofi dan banyak contoh kemajuan dari posisi kami saat saya bergabung,” kata Ten Hag.

“Namun, kita juga harus jelas bahwa masih banyak kerja keras ke depan untuk mencapai level yang diharapkan dari Manchester United, yang berarti menantang gelar Inggris dan Eropa.”

“Dalam diskusi saya dengan klub, kami telah menemukan kesatuan dalam visi kami untuk mencapai tujuan tersebut, dan kami semua berkomitmen kuat untuk melakukan perjalanan itu bersama-sama.”

Direktur olahraga baru United, Dan Ashworth, menambahkan, “Dengan dua trofi dalam dua musim terakhir, Erik semakin mengukuhkan rekornya sebagai salah satu pelatih sukses paling konsisten di sepakbola Eropa.

“Meskipun tinjauan klub terhadap musim lalu menyoroti area yang perlu ditingkatkan, tinjauan ini juga mencapai kesimpulan yang jelas bahwa Erik adalah mitra terbaik bagi kami untuk bekerja sama dalam meningkatkan standar dan hasil.

Baca juga:

“Kelompok pemain dan staf ini telah menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dan menang di level teratas; sekarang kami perlu melakukannya dengan lebih konsisten.

“Dengan tim kepemimpinan sepak bola kami yang semakin kuat, kami berharap dapat bekerja sama dengan Erik untuk mencapai ambisi bersama kami untuk klub sepak bola ini.”

Era Ten Hag di United berawal dengan positif. Pada musim pertamanya ia berhasil membawa United ke posisi ketiga pada musim 2022-23 dan lolos ke Champions League. Ia juga menorehkan gelar Carabao Cup, mengakhiri puasa gelar United selama enam tahun.

Namun United tampil buruk pada musim lalu ketika mengakhiri Premier League musim 2023-24 di peringkat kedelapan, posisi terburuk mereka sejak 1990 lalu. Setan Merah juga gugur di Champions League setelah terpuruk di dasar klasemen babak grup.

Ten Hag lalu dikabarkan akan hengkang dari Old Trafford. Pelatih Inggris Gareth Southgate dan pelatih Bayern Munich Thomas Tuchel dirumorkan akan menggantinya di kursi pelatih.

Untungnya Ten Hag berhasil membawa gelar FA Cup, yang pertama bagi United sejak 2016, dengan mengalahkan Manchester City di partai final dengan skor 2-1 lewat gol Alejandro Garnacho dan Kobbie Mainoo.

Gelar tersebut terlihat sebagai penyelamat Ten Hag untuk bisa meneruskan kariernya di United hingga 2026 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *