Ronald Koeman

Ronald Koeman Desak Belanda Jaga Momentum di Piala Eropa 2024

Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman mendesak para pemainnya untuk menjaga momentum di Piala Eropa 2024, usai memastikan tiket ke babak perempat final dengan mengalahkan Romania dengan skor 3-0, Selasa (2/7) malam WIB.

Msports

Belanda tampil gemilang pada pertandingan ini. Tim Oranje mampu menangani tekanan yang dilancarkan Romania, yang secara mengejutkan berhasil menjadi juara di babak grup.

Cody Gakpo berhasil membuka skor pada menit ke-20 dengan tembakan keras ke tiang dekat, disusul dua gol dari pemain pengganti Donyell Malen pada akhir babak kedua.

Baca juga:

Performa ini berbeda jauh dari penampilan Belanda pada babak grup, saat kalah dari Austria yang menyebabkan mereka hanya bisa lolos ke fase gugur sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

“Terkadang sulit untuk mengatakan mengapa Anda bermain buruk di satu pertandingan dan kemudian bisa mencapai level tinggi di pertandingan berikutnya,” kata Koeman usai pertandingan.

“Kami tajam sejak awal hari ini dan itu membuat perbedaan. Mungkin satu poin penting adalah butuh waktu terlalu lama untuk mencetak gol kedua.”

Selain Gakpo dan Malen, beberapa pemain lainnya juga tampil gemilang seperti Xavi Simons dan Tijjani Reijnders.

Pada babak perempat final, Belanda berpotensi kembali bertemu dengan Austria. Namun skuad asuhan Ralf Rangnick secara mengejutkan kalah 1-2 dari Turki meski tampil dominan.

Partai Belanda melawan Turki akan digelar pada Minggu (7/7) dini hari WIB. Setelah itu Inggris atau Swiss juga sudah menunggu di partai semifinal. Jika berhasil lolos ke partai puncak, Prancis, Spanyol, Portugal, dan tuan rumah Jerman akan menjadi calon lawan mereka.

“Hasil selalu menjadi hal yang paling penting, tapi kami orang Belanda dan di Belanda kami harus bermain bagus dan menyerang. Kami tahu itu,” jelas Koeman soal ekspektasi penggemar terhadap timnya.

“Penampilan keseluruhan hari ini luar biasa dan itulah yang perlu kami lakukan untuk melanjutkan turnamen ini. Ini adalah levelnya, jika level kami turun dari sini kami tidak akan mencapai final.”

Baca juga:

Koeman termasuk dalam skuad timnas Belanda yang pernah menyabet trofi Piala Eropa di Jerman Barat pada 1988 lalu. Saat itu generasi emas Belanda juga diperkuat oleh Frank Rijkaard, Marco van Basten, dan Ruud Gullit.

Namun Koeman tidak bisa membandingkan timnya terdahulu dengan tim yang diasuhnya saat ini.

“Kami punya talenta-talenta hebat di tim ini, tapi tentu saja Anda perlu memenangkan sesuatu, lalu orang-orang bisa mulai membandingkannya dengan tahun 1988,” ujar Koeman.

“Tetapi sekarang lebih sulit, sepak bola telah berubah, lebih bersifat fisik, Anda harus cepat dan bagus secara teknis.”

“Inggris, Portugal, semua orang punya masalahnya masing-masing untuk melanjutkan turnamen ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *