Andy Robertson

Andy Robertson Senang Skotlandia Raih Poin Pertama di Piala Eropa 2024

Kapten tim nasional Skotlandia, Andy Robertson, senang timnya bisa meraih poin pertama di Piala Eropa 2024 usai menahan imbang Swiss 1-1, Kamis (20/6) dini hari WIB.

Hasil positif ini datang setelah kalah memalukan dengan skor 5-1 dari tuan rumah Jerman pada laga perdana. Tim asuhan Steve Clarke ini mampu membuka skor lewat gol Scott McTominay pada menit ke-13.

Namun keunggulan tersebut sirna setelah gol spektakuler dari Xherdan Shaqiri berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-26. Gol tersebut berasal dari blunder bek sayap Tony Ralston yang salah melepaskan operan di area pertahanan sendiri.

Baca juga:

Kendati demikian, Robertson ingin fokus kepada hal positif yang ditunjukkan rekan setimnya pada laga tersebut, daripada menyesali karena kebobolan dari kesalahan sendiri.

“Lebih seperti kami, jauh lebih mirip seperti kami. Agresif, menyerang, tidak bisa menjadi awal yang lebih baik,” kata Robertson kepada BBC Sport.

“Kami membuat kesalahan tapi jangan menyesali kesalahan itu, Tony Ralston tampil luar biasa setelah kesalahan itu. Babak kedua, dia tampil di kelas yang berbeda.”

“Kami punya peluang, tapi mereka juga punya peluang. Kami jauh lebih senang dengan penampilan itu. Kami menerima hasil imbang dan kami membawanya ke pertandingan terakhir dan hanya itu yang bisa kami minta.”

Sementara itu, Clarke sedih karena timnya kebobolan dari kesalahan sendiri. Namun bisa menerima hasil tersebut. Ia memaklumi gol tersebut karena bola dicuri oleh Shaqiri, yang mampu mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti.

“Jika jatuh ke pemain Swiss lainnya, saya rasa mereka tidak akan mencetak gol,” ujar Clarke.

“Jika jatuh ke kaki Xherdan Shaqiri, Anda tahu ke mana bola akan berakhir. Kami mendapat hukuman berat karena kesalahan kecil, tapi kami meresponsnya.”

Baca juga:

Hasil ini menjadikan Skotlandia duduk di posisi ketiga dengan satu poin di Grup A, selisih tiga poin dari Swiss dan lima poin dari Jerman. Pada laga terakhir, mereka akan menghadapi Hungaria pada laga hidup dan mati.

Jika mampu mengunci tempat di posisi kedua, Skotlandia akan mampu lolos otomatis ke fase gugur. Namun mereka juga memiliki peluang untuk lolos jika hanya mampu menempati posisi ketiga.

“Kami harus bertanding lagi pada hari Minggu karena itu adalah pertandingan besar bagi kami saat ini. Kami dapat mengambil banyak hal positif dari malam ini tetapi kami juga dapat mengubah sedikit hal dan meningkatkan lebih banyak lagi dan itu adalah hal yang baik,” lanjut Robertson.

“Kami perlu tidur sekarang dan memulihkan diri, menjalani hari esok dan benar-benar pulih dengan baik. Pada hari Minggu nanti kami akan siap berangkat dengan dukungan yang kami punya.”

Namun hasil positif ini dirusak dengan cederanya bek mereka, Kieran Tierney, yang terpaksa ditandu keluar lapangan karena cedera. Ia dipastikan absen pada laga selanjutnya, dan masih diragukan apakah masih bisa tampil jika Skotlandia lolos ke fase gugur.

“Itu terlihat sangat buruk. Kami harus memeriksanya tetapi Kieran tidak akan bisa tampil di pertandingan berikutnya,” jelas Clarke.

“Dia adalah pemain top untuk kami. Melakukannya dengan sangat baik. Sayang sekali, tetapi orang lain harus turun tangan dan melangkah ke sasaran.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *